Rabu, 27 Oktober 2010

MOTHERBOAR MSI 785GM-E65

MOTHERBOARD MSI 785GM-E65


MSI 785GM-E65 hadir menggunakan form factor microATX yang cocok untuk membangun sebuah HTPC, sesuai dengan segmen chipset AMD785G. Meski merupakan chipset mainstream, fasilitas overclockjuga tersedia yang ditandai dengan keberadaan sebuah saklar bernama EZ OC Switch.
Saklar ini memang sering diadopsi MSI pada motherboard barunya. Fungsinya jelas untuk untuk meningkatkan frekuensi prosesor agar berjalan lebih tinggi dan stabil secara instan. Peningkatan ini didasarkan sesuai referensinya dari nilai default 200 MHz hingga naik sampai 20%. Jika kurang puas dengan hasil ini Anda bisa mencoba alternatif lain melalui menu BIOS.
Untuk efisiensi daya MSI menggunakan Active Power Switching (APS) yang akan menurunkan clock speed saat komputer sedang melakukan aktivitas ringan seperti saat mengetik atau dalam posisi idle. Hal ini untuk menurunkan penggunaan daya sehingga konsumsi lebih irit. Proses ini ditandai dengan lampu berwarna biru yang menunjukkan aktivitas yang sedang berlangsung.
Karena chipset AMD785G menggunakan konsumsi daya yang rendah ditambah feature hemat energi (APS), MSI menggunakan heatsink pasif northbridge dan southbridge berukuran kecil dan sederhana. Hal ini menunjukkan bahwa suhu yang dihasilkan cukup "dingin". Selain itu, hal ini juga mengakibatkan ruang yang ada menjadi lega. Konsumsi daya yang rendah juga ditunjukkan dengan digunakannya konektor power 12 volt yang hanya menggunakan 1 colokan 4-pin.
Guna mendukung penggunaan multimedia definisi tinggi, MSI memberikan dukungan True Blu-ray audio yang akan menghasilkan kualitas suara dari blu-ray tampil maksimal tanpa mengalami penurunan kualitas. Panel belakang juga dilengkapi  dengan feature multimedia seperti port DVI-D, HDMI, optical SPDIF output, FireWire, dan tidak ketinggalan sebuah port e SATA mandiri (tidak meminjam port/header internal). (Dayu Akbar – Kontributor)

Hasil Uji MSI 785GM-E65
Kelengkapan pendukung multimedia ditandai dengan port panel belakang yang lengkap. Ini ditambah dengan dukungan audio True Blu-ray serta feature hemat energi. Kesemuanya menjadi nilai lebih produk ini.
SYSmark 2007 Preview 1.05
141
SiSoft Sandra 2009 SP4 (Dhrystone ALU)
31,46 GIPS
Cinebench R10
8561 CB-CPU
Encoding Video
7 menit 59 detik
Encoding Audio
2 menit 12 detik
PCMark Vantage Pro 1.0.1.0
4144 PCMarks
3DMark Vantage Pro 1.0.1
(onboard/ASUS Radeon HD 4870)

P277/P9090
STALKER Clear Sky Bench. (avg)
(onboard/ASUS Radeon HD 4870)

4,14/63,42 fps
FSB Maksimum
310 MHz

Spesifikasi MSI 785GM-E65
Tipe prosesor  
AMD Sempron/Phenom II TDP hingga 140w (soket AM3)
Chipset
AMD 785G+SB710
Memori
4 DDR3-800/1066/1333 kanal ganda maks. 16 GB
Kartu grafis
1x PCI Express x16
Slot ekspansi
1x PCIe x1, 2x PCI
Storage
5x SATA, 1x IDE, 1x FDD, 1x Esata
RAID
SATA RAID 0, 1, 10
Chip suara
Realtek ALC889 (8 kanal)
Chip jaringan
Realtek RTL8111DL (gigabit)
I/O
1 x PS/2 Keyboard
1 x Optical SPDIF Output
1 x D-Sub VGA
1 x DVI-D
1 x HDMI
1 x FireWire
1 x eSATA
1 x LAN
6 x USB 2.0
1 x 6in1 audio







Jumat, 22 Oktober 2010

CARA MENGUJI POWER SUPLAY

Untuk menguji power supply kita masih berfungsi dengan baik yang harus diperhatikan adalah hal sbb :
  • Apakah kabel daya sudah terpasang ke listrik dengan baik ?
  • Apakah outlet listrik yang kita gunakan hidup ?
  • Apakah tegangan listrik yang digunakan sudah benar sesuai dengan PSU ? Yang harus kita perhatikan bahwa tegangan listrik untuk daerah indonesia menggunakan 220 Volt, apakah PSU juga mendukung tegangan yang benar ?
  • Pastikan semua kabel power terpasang dengan benar ke Motherboard, Panel Indikator, dan ke Hardware lainnya.
Nah jika hal diatas sudah diperhatikan, kita bisa memastikan seharusnya tidak ada permasalahan dengan PSU. Jika power supply masih mengalami kendala, coba dilepas PSU dari motherboard. Berarti kita akan menguji PSU dengan cara manual.

Sesuai dengan topik kita adalah bagaimana menguji bahwa PSU tersebut hidup ?
Caranya mudah, perhatikan konektor ATX yang berjumlah 20 pin pada PSU. Kita cari pin yang bernomor 14 dan 15 dari konektor tersebut (pin 14 warna kabelnya Hijau). Karena pin 14 merupakan PS ON bagi PSU berjenis ATX. Kemudian gabungkan kedua pin tersebut dengan menggunakan kawat atau yang sejenisnya. Jika PSU hidup, berarti Power supply kita tidak mengalami kerusakan. Berarti kerusakan bukan pada Power Supply Unit kita.

Senin, 18 Oktober 2010

FORM FACTOR HARD DISK

Form factor hard disk

Kebanyakan hard disk dirancang untuk dipasang di bagian dalam PC, dan diproduksi di salah satu dari selusin atau lebih standar ukuran dan bentuk. Standar ini disebut faktor bentuk hard disk dan merujuk terutama untuk dimensi eksternal. Alasan untuk standardisasi pada faktor bentuk adalah kompatibilitas. Tanpa standar-standar ini, hard disk harus custom-made untuk menyesuaikan PC yang berbeda. Dengan menyetujui standar bentuk dan ukuran untuk hard disk - serta antarmuka standar tentu saja - adalah mungkin untuk salah satu dari ribuan pembuat PC untuk membeli unit dari produsen hard disk dan tahu bahwa tidak akan ada masalah dengan cocok atau bentuk selama instalasi.

Selama hidup PC hanya ada beberapa faktor disk beberapa bentuk yang berbeda keras. Sejak mengubah standar form factor membutuhkan koordinasi dari pembuat komponen lainnya (seperti kasus pembuat sistem) ada resistensi dalam industri untuk mengubah ukuran standar kecuali ada alasan kuat untuk melakukannya. (Sebagai contoh, ketika laptop PC menjadi populer baru, drive kecil diciptakan untuk menghemat ruang dan kekuasaan, tujuan penting dalam dunia komputasi mobile.)

Formulir faktor umumnya dijelaskan oleh metrik tunggal. Misalnya, faktor bentuk yang paling umum saat ini adalah "3.5-inch" dan "2.5-inch". Angka-angka ini umumnya mengacu pada lebar drive, tetapi mereka dapat menjadi samar-samar dan menyesatkan (bagus, ya:? ^)) Mereka biasanya dipilih karena alasan sejarah dan dalam biasanya didasarkan pada baik ukuran sepiring drive yang menggunakan faktor bentuk, atau lebar drive menggunakan bahwa faktor bentuk. Jelas satu nomor tidak dapat mewakili kedua, dan dalam beberapa kasus, tidak mewakili! Sebagai contoh, 3.5 "hard disk umumnya 4" lebar dan menggunakan 3,74 "platters:. ^) (Nama dalam kasus ini berasal dari fakta bahwa drive masuk dalam ruang yang sama sebagai 3.5"! Floppy disk drive) Jauh lebih banyak tentang hubungan antara faktor bentuk dan piring-piring dapat ditemukan dalam pembahasan ukuran piring di bagian media. Anda juga akan menemukan ada penjelasan rinci tentang kecenderungan piring-piring yang lebih kecil di hard disk modern.


Kelima faktor bentuk yang paling populer internal hard disk PC.
Searah jarum jam dari kiri: 5.25 ", 3.5", 2.5 ", PC Card dan CompactFlash.

Pada bagian ini saya memeriksa faktor-faktor bentuk utama yang telah digunakan untuk internal hard drive di PC. Ini termasuk rincian pada dimensi faktor bentuk, terutama terkait dengan ketinggian yang berbeda masing-masing. (Faktor bentuk Kebanyakan sebenarnya keluarga faktor bentuk, dengan drive yang berbeda yang bervariasi dalam dimensi tinggi). Selain faktor bentuk standar drive internal, saya secara singkat membahas drive eksternal dan juga nampan removable drive, yang merupakan semacam "hybrid" dari desain internal dan eksternal.